Rabu, 06 April 2011

Bagaimana cara kerja Mailing List

Mailing List adalah sarana komunikasi berupa grup diskusi di internet yang memanfaatkan email sebagai medianya. Grup dapat diartikan sebagai grup dengan kepentingan yang sama.
Bagaimana cara kerja milis  : Saat seseorang anggota milis mengirimkan email atau pesan ke milis, maka email atau pesan tersebut akan dikirimkan oleh Mailing List Manager atau Mail Servers secara broadcast kepada anggota milis tersebut.
Saat seseorang membalas/reply suatu topic di milis, maka pesan balasan tersebut oleh Mailing List Manager atau Mail Servers juga akan dikirimkan secara broadcast kepada semua anggota milis.
 
Kelebihan Milis

+ Posting dari anggota milis, langsung datang ke mail box kita. Bahkan, dengan POP mail, gak cuma di mail box server, tapi langsung ke tarik ke Komputer/email kita.

+ Dengan milis, satu email kita, bisa kita daftarkan ke banyak milis. Jadi, setiap ada posting di milis-milis tersebut, otomatis langsung masuk ke mailbox. Istilahnya, sekali buka aplikasi (email), semua info dari berbagai milis langsung bisa dibaca.

+ Karena semua orang, ketika online (konek ke Internet), maka hal pertama (atau kedua minimal) adalah buka email dan langsung bisa baca milis. Istilahnya, sekali dayung, 2-3 pulau disinggahi..

+ Untuk Posting/mengirim balasan ataupun topik, tidak perlu datang. Tapi bisa langsung dari email.

+ Email sudah sangat matang didukung oleh mobile gadget. Jadi bisa konek dari mana saja..


Kekurangan Milis

- Milis itu seperti "jakarta", apapun itu masuk kesana. Mau orang pinter, pengangguran bahkan rampok juga masuk. Mungkin banyak informasi berguna yang masuk, tapi pasti jauh lebih banyak informasi yang kita tidak membutuhkannya.

- Informasi dimilis seperti kamar cowok ABG. Acak-acakan dan gak beraturan. Buku bisa dibawah kasur, celana dalam bisa di meja belajar dan makanan bisa tertutup selimut. Alhasil, informasi di milis seperti kita menyimpan sesuatu yang kita gak tau apa gunanya. Kecuali kita rajin arsip-in email2 berguna ke folder tertentu.

- Milis, sering memiliki limitasi berkaitan dengan bandwidth. Terutama jika ada member milis yang concern tentang bandwidth.

- Milis, tidak memiliki "polisi" yang bisa menjaga tertib dengan lebih tegas. Misal berkaitan dengan "SARA" ataupun bertentangan dengan moral dan etika. Karena tidak ada satu orangpun yang mau meng-aprove email (yang mungkin ribuan) satu-persatu.

- Milis, memiliki keterbatasan fasilitas.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Indonesia
Takdir di bentuk dari karakter, Karakter di bentuk dari kebiasaan, Kebiasaan di bentuk dari Tindakan kita
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut